Berikut ini beberapa pengertian segmentasi pasar dari
berbagai sumber teori:
- Segmentasi pasar adalah usaha untuk mengelompokkan pasar, dari pasar yang
bersifat heterogen menjadi bagian-bagian pasar yang memiliki sifat yang
homogen (Gitosudarno, 2008)
- Segmentasi pasar adalah membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli
yang berbeda yang mungkin menghendaki pemasaran atau produk yang terpisah
(Amstrong, 1997:227)
Nilai strategis dari suatu segmentasi pasar adalah untuk menjawab pertanyaan berikut (Michael Porter, 2000:51):
- Segmen pasar mana yang seharusnya bersaing.
- Pada segmen mana sebaiknya perusahaan menerapkan strategi fokus.
Nilai terpenting dari segmentasi pasar ini adalah menghantar pembeli dari produk mereka. Bagaiman karakteristik, sekalian mengidentifikasi cara¬cara yang efektif untuk dapat melayani masing-masing segmen tersebut.
Jadi segmentasi pasar merupakan proses yang menyeluruh dimana perusahaan harus memperhatikan pembelian dari masing-masing segmen, paling tidak usahanya akan lebih ekonomis apabila unit-unit pembelian itu dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok saja. Ini semua tidak terlepas dari usaha untuk mencapai laba maksimum.
Dasar Penentuan Segmentasi Pasar
Usaha-usaha penentuan segmentasi pasar harus disertai
dengan:
- Tersedianya informasi tentang karakteristik konsumen yang mudah
diukur.
- Tingkat efektifitas pemusatan usaha pemasaran pada segmen pasar yang
dipilih.
- Tingkat keuntungan dan luas sempitnya segmen pasar.
Pembagian pasar dalam kelompok-kelompok pasar sangat dipengaruhi oleh tipe produk, sifat permintaan, cara-cara penyaluran, media yang tersedia untuk komunikasi pemasaran dan motivasi pembelian konsumen. Pentingnya penentuan sasaran pasar menuntut untuk dilakukannya segmentasi pasar dengan suatu dasar segmentasi yang tepat dan berguna bagi perencanaan strategis pemasarannya.
Adapun dimensi yang dapat dipakai sebagai dasar seamentasi pasar adalah sebagai berikut:
- Variabel geografi
- Variabel demografi
- Variabel psikografi
- Variabel perilaku
Keempat dasar segmentasi pasar ini masing-masing mempunyai tekan yang berbeda, namun mempunyai implikasi yang sama bagi perusahaan, yaitu perusahaan dapat membentuk prereferensi terkelompok dari konsumen terhadap suatu produk / merk tertentu.
Syarat Segmentasi Pasar yang
Efektif
Diantara segmen pasar yang ada terdapat segmen yang
menarik (attractive segment) yaitu segmen pasar yang belum terlayani, atau sudah terlayani tetapi
kurang baik. Disamping memperhatikan segmen pasar yang menarik tersebut, masih
ada faktor-faktor yang harus dipertimbangkan untuk menunjang usaha segmentasi
secara efektif. Faktor-faktor tersebut adalah:
1. Measurability
Yaitu tersedianya tingkat informasi mengenai
sifat-sifat pemtieli, sejauh mana syarat-syarat tersebut dapat diukur, baik
secara kualaatif maupun secara kualitatif.
2. Accessbility
Yaitu tingkat dimana perusahaan itu secara efektif
memusatkan usaha pemasarannya pada segmen yang telah dipilih.
3. Substantiality
Dimana segmen yang dipilih tersebut cukup luas bagi
pemasaran tersendiri, sehingga mendatangkan keuntungan jangka panjang bagi
perusahaan.
4. Actionability
Yaitu sejauh apa
program yang efektif dapat dirancang untuk menarik dan melayani segmen-segmen
tersebut.
Tingkat Pemasaran
Pembelian mempunyai
kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar
yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa
tingkat yang berbeda.
·
Pemasaran massal
Pemasaran massal berfokus
pada produksi massal, distribusi massal,
dan promosi massal
untuk produk yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
·
Pemasaran segmen
Pemasaran segmen menyadari
bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
·
Pemasaran ceruk
Pemasaran ceruk (marketing
niche) berfokus pada sub-group di dalam segmen-segmen.
Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefiniskan dengan lebih sempit.
·
Pemasaran mikro
Praktik penyesuaian produk
dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu.
Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar