Welcome to My Blog Feel free to see

Senin, 29 April 2013

Makalah Peluang Usaha

Makalah Peluang Usaha
Gerald Edward
2SA01 - 19611347



Kata Pengantar

Puji serta syukur marilah kita panjatkan kepada kehadirat Tuhan YME yang telah memberikan begitu banyak nikmat yang mana makhluk-Nya pun tidak akan menyadari begitu banyak nikmat yang telah didapatkan dari-Nya.

Penulis sampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan, Rooshwan Budhi Utomo dan semua pihak yang turut membantu proses penyusunan makalah ini.

Penulis menyadari dalam makalah ini masih begitu banyak kekurangan-kekurangan dan kesalahan-kesalahan baik dari isinya maupun struktur penulisannya, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran positif untuk perbaikan dikemudian hari.


Demikian makalah ini saya buat supaya bisa menjadi pengetahuan buat banyak orang tentang apa itu Peluang Usaha.






Pembahasan


Ada 2 fase pendekatan untuk mengidentifikasikan peluang bisnis, yaitu :
1. Fase untuk menemukan gagasan
2. Fase untuk mengidentifikasikan peluang bisnis dalam kaitannya dengan gagasan.

Empat tempat untuk memperoleh gagasan-gagasan peluang bisnis baru, yaitu :
1. Diri sendiri
Sumber gagasan yang paling dekat dan mudah adalah pada diri sendiri. Hanya saja membutuhkan kepekaan.

2. Pelanggan
Sumber kedua, yaitu diperoleh melalui pelanggan. Kita dapat mengetahui kekurangan atau kelebihan produk yang mereka beli. Melalui keluhan ataupun kepuasaan yang mereka sampaikan, dari hal itu kita dapat memperoleh ide untuk membuat produk sesuai dengan yang diinginkan pelanggan.

3. Pasar
Keberhasilan produk disuatu pasar kerap kali dapat melahirkan gagasan yang sukes-sukses. Kita juga bisa melihat peluang dipasar, misalnya produk-produk apa saja yang banyak dibutuhkan konsumen disuatu pasar yang persediaannya terbatas.

4. Produk yang gagal
Sumber ke 4 lahirnya bisnis adalah produk-produk yang gagal. Dengan adanya produk yang gagal kita bisa mengevaluasi yang mendalam atas produk yang gagal, sementara dipasar masih ada permintaan yang cukup besar atas produk-produk yang gagal tersebut. Karena masih banyaknya permintaan produsen bisa menghilangkan ciri-ciri negatifnya.


Selain empat sumber gagasan bisnis tersebut di atas, kita juga bisa mengambil gagasan bisnis dari masalah-masalah yang dihadapi oleh manusia. Empat langkah yang harus diselesaikan dalam menjalankan bisnis :
1. Analisis persoalan
Langkah penting pertama adalah analisis persoalan, mengapa orang yakin bahwa setiap gagasan produk yang dikembangkan akan berhasil dan memberi keuntungan / provit.

2. Analisis situasi
Analisis sitausi ini tujuannya untuk menghasilkan pengetahuan yang perlu untuk menentukan secara tepat apa yang dituntut dalam mengembangkan gagasan agar sukses dipasaran.

3. Merumuskan
Kalau pengetahuan tentang analisis bisnis sudah mencukupi, mulailah dengan langkah ketiga. Merumuskan dan memeriksa hal-hal yang tidak atau belum diketahui yang dapat melahirkan atau justru akan memporak-porandakan gagasan bisnis / usaha.

4. Mensurvei pelanggan sasaran
Langkah keempat, yaitu melakukan riset mengenai pelanggan sasaran. Supaya berhasil, perusahaan harus bisa memproduksi barang yang sifatnya unik, lain dari yang lain sehingga lebih diminati dari pada produk pesaingnya.









Penutup

Kesimpulan :
Jadi peluang usaha bisa datang dari aspek manapun tergantung kita membuatnya menjadi usaha yang bisa dikelola dan ditekuni oleh orang-orang. Dengan kata lain kita membuat lapangan kerja sendiri untuk masyarakat yang tidak mendapatkan pekerjaan.

1 komentar: